Frequently Asked Questions

JARVIS adalah akronim dari Jalur Penerimaan Vokasi Industri. JARVIS sendiri merupakan inovasi dari BPSDMI untuk memfasilitasi peserta yang ingin mendaftar pada perguruan tinggi dibawah Kementerian Perindustrian, sehingga menjadi terpusat (one-stop integrated service) dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.
Sejatinya JARVIS merupakan jalur pendaftaran perguruan tinggi yang sama dengan lainnya. Namun JARVIS dikhususkan untuk politeknik atau akademi komunitas yang ada dibawah Kementerian Perindustrian.
TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris).
Ujian dilakukan secara Online dan dapat di akses melalui internet. Untuk hasil yg maksimal, direkomendasikan untuk menggunakan Laptop maupun Personal Computer (PC), namun ujian menggunakan HP juga dapat dilakukan. (Petunjuk Teknis Ujian Online akan diinfokan maksimal seminggu sebelum ujian berlangsung)
Sebelum mengisi pendaftaran, harus mengecek persyaratan prodi terlebih dahulu di Daftar Kampus-program studi-syarat program studi, ini untuk disiapkan dan diupload di pendaftaran.
Karena kondisi saat ini puskesmas/rumah sakit banyak yang tidak bisa mengeluarkan surat, bisa menggunkan surat pernyataan bermaterai untuk diupload.
Setelah melakukan pendaftaran dan mengunci pendaftaran, peserta dapat mencetak kartu ujian di menu Daftar Pendaftaran-setelah divalidasi baru bisa dicetak. Proses validasi maksimal 2 hari kerja setelah pendaftaran.
Untuk peserta yang sudah melakukan pendaftaran langsung ke kampus (contoh : Akademi komunitas Tekstil Solo), datanya sudah dimigrasi ke JARVIS, peserta tinggal Log in menggunakan email dan password yang akan diinformasi oleh kampus. Biasanya calon peserta migrasi ditandai dengan tidak bisa mendaftar ke JARVIS karena pada saat input NIK ditolak (NIK sudah terdaftar).
Tidak ada biaya pendaftaran atau gratis sampai dengan 10 Mei 2020
Besaran biaya kuliah berbeda-beda pada setiap politeknik atau akademi komunitas. Namun, setiap mahasiswa yang diterima akan mendapatkan subsidi pendidikan yang membuat biaya kuliah tersebut menjadi lebih terjangakau (bahkan beberapa kampus ada yg menggratiskan biaya kuliah). Untuk mengecek biaya kuliah tiap-tiap kampus dapat dicek pada menu Daftar Kampus – Program Studi – Biaya Kuliah